Studi: Banyak UMKM yang puas menggunakan e-commerce yang satu ini.

 

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh layanan survei digital tSurvey.id, Telkomsel mengungkapkan bahwa UKM Indonesia adalah yang paling terpercaya dan terpercaya di pasar perdagangan online (eCommerce) pada tahun 2022.


Survei Telkomsel menemukan bahwa pengusaha UMKM Indonesia (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) masing-masing memilih platform marketplace trading online (e-commerce) yang paling terpercaya untuk aktivitas penjualan online mereka. Tokopedia (76%), Shopee (75%), Lazada (19%), Bukalapak (18%) dan Blibli (14%).


Studi ini juga menemukan bahwa platform online trading marketplace (e-commerce) yang dinilai memberikan pengalaman paling memuaskan bagi pelaku UMKM yang memilih berjualan online adalah Tokopedia (69%), Shopee (62%), Lazada (11%), Bukalapak (9%) dan Blibli (4%).


Sementara itu, platform marketplace trading online yang memberikan pelayanan paling memuaskan bagi para pelaku UMKM online adalah Tokopedia (68%), Shopee (61%), Lazada (11%), Bukalapak (11%) dan Blibli (6%).


Dari sekian banyak platform marketplace trading online di Indonesia yang memiliki model bisnis sebagai Online Lapak Center (Marketplace), platform yang paling sering digunakan oleh UMKM untuk penjualan online adalah Tokopedia (47%), Shopee (45%), Lazada (5%). ), Bukalapak tidak ketemu. (2%) dan Blibli (0%).


Alfian Manullang, Vice President Data Solutions Telkomsel menjelaskan, riset pasar berbasis pengguna smartphone yang dilakukan melalui tSurvey.id, menggunakan metode penargetan responden yang akurat daripada klaim berbasis klaim seperti metode survei non-acak lainnya.


“TSurvey.id Telkomsel menawarkan pentingnya fitur aplikasi yang bermanfaat, kebebasan untuk menjual berbagai macam produk dalam jumlah besar, diskon besar dan promosi,” jelasnya.


Survei lebih lanjut oleh Tokopedia, yang mendapat pengakuan paling positif dari responden pengusaha UMKM online di Indonesia, menemukan bahwa beberapa aspek yang dianggap platform lebih unggul dari pesaingnya adalah kemudahan penggunaan (70%) dan kemampuan penjualan penuh (68%). ). ), layanan pusat resolusi yang baik (66%), fasilitas logistik yang memuaskan (70%), tampilan antarmuka pengguna (UI) yang nyaman (70%), dan sistem pembayaran yang lengkap (73%).


Survei yang dilakukan oleh tSurvey.id tentang penggunaan pasar perdagangan online paling terpercaya dan terpercaya di Indonesia tahun 2022 oleh tSurvey.id dilakukan dari 10 hingga 24 Juni 2022, UMKM online di seluruh Indonesia menggunakan smartphone. Lebih dari 1.000 pemain berpartisipasi. nomor telepon Telkomsel.


Bergantung pada letak geografis, proporsi responden dari Jabodetabek adalah 60%, dari pulau non-Jabodetabek hingga 30%, dan dari luar Jawa hingga 10%. Sedangkan berdasarkan jenis kelamin, 60% responden berjenis kelamin laki-laki dan 40% berjenis kelamin perempuan.


tSurvey.id adalah platform survei digital Telkomsel yang menyediakan solusi solusi data untuk semua kebutuhan riset pelanggan, baik kebutuhan riset akademik, komersial, lintas industri, sosial, dan lainnya.


Kemampuan platform tSurvey.id didukung oleh wawasan data telco dari lebih dari 170 juta pelanggan, menghasilkan basis responden yang luas, kemampuan untuk menargetkan responden melalui profil yang akurat, hasil yang lebih cepat, dan keramahan pengguna. Fungsi manajemen survei. .


tSurvey.id dapat membantu peneliti menangkap beragam wawasan dari pelanggan di seluruh Indonesia, mulai dari kebiasaan, pendapat, hingga persepsi responden terhadap produk.